Apa itu Parigal? Siapa itu Parigal?

Kalian tahu apa arti Parigal dalam Bahasa Banjar? Kalo jawabannya tidak berarti kita sama.
Sebagai anak banjar asli, ulun kada tahu apa itu arti “Parigal”.  Mendangar gen hanyar itu Hehe Jadi ceritanya begini

Kemaren sore saya dan ibu nonton acara berita berbahasa banjar, Jadi presenternya ngobrol menggunakan bahasa banjar gitu. Hal yang menarik perhatian saya adalah ketika Sang presenter membacakan berita adalah kata "Parigal" dan saya bingung dan saya bertanya dengan mama saya

“Ma, Arti kata Parigal apa ma?”

“Gara-gara mungkin” wajah mama terlihat tidak yakin

“Nama orang mungkin gak ma? Muhammad Parigal atau Ahmad Parigal” Saya makin membingungkan mama

“Hahaha bukan, kayaknya Parigal itu gara-gara atau sebab deh” Mama sambil berpikir

Saya mencoba untuk gugling, namun saya tidak menemukan apa-apa. Mungkin karena saat itu saya tidak mempunyai paket internet atau jaringan wifi.

Setelah beberapa hari mama mencari informasi dengan bertanya kepada teman-temannya yang lebih senior (ternyata mama juga penasaran) usaha mama berbuah hasil, dan akhirnya saya dan mama tahu arti kata Parigal yang sebenarnya adalah “Gawian atau Kerjaan”

Di rumah  kami jadi sering memakai kata Parigal, dan biasanya setelah mendengar Bahasa banjar itu kami selalu tertawa Hahaha (Bahagia itu diciptakan bukan dicari - Pidibaiq)

Jadi arti kata Parigal adalah “Gawian atau Kerjaan”

Mari bersama mengetahui dan membudayakan Bahasa Banjar. Hehe
Previous
Next Post »
0 Komentar