Bingka khas Kalimantan Selatan

Kalimantan selatan terkenal dengan sebutan Kota Seribu Sungai. Pasar terapung adalah salah satu wisata yang menjadi daya tarik wisatawan saat berkunjung di kalsel. Selain wisata Pasar terapung yang ada di majalahnya Pesiar Citymag. Kalsel juga punya banyak wisata kuliner yang harus anda coba apabila berkunjung ke kota tempat asal ibunya pevita pearce ini.
Bingka khas kalimantan
Bingka salah satunya. Bingka merupakan kue basah yang cocok dimakan di waktu kapan saja dan bersama siapa saja.

Bingka yang berbahan dasarkan telur, tepung, santan, gula pasir ini selalu menjadi idola kue di bulan Ramadhan. Karena setiap pasar wadai (pasar kue) yang menjadi budaya dan objek wisata tahunan setiap Bulan Ramadhan  pasti ada menjual salah satu kue khas Kalimantan Selatan ini.

Waktu itu di pertengahan Bulan Ramadhan, Teman Bapak saya yang berdomisili di pulau jawa yang sedang pulang kampung ke Banjarmasin ngomong "saya selalu menyukai Bulan Ramadhan di Banjarmasin karena banyak yang jual Bingka" katanya dengan tulus 
Mungkin masih banyak orang-orang yang sependapat dengan teman Bapak saya. Mungkin itulah salah satu Berkah sebuah Bingka.

Bingka banyak sekali macamnya, ada Bingka kentang yang tentu saja isinya adalah kentang ada Bingka kelapa, Bingka telur, Bingka tape dan Bingka berandam.  Memang banyak varian dari bingka dari zaman ke zaman, para pengrajin kuliner selalu berinovasi dalam pembuatan bingka tanpa menghilangkan ke khasannya. 
Bingka Telur, Kentang dan kelapa
Tapi yang saya rekomendasikan adalah Bingka kentang dan telur. Rasanya uenak banget. 
Saya yakin semua orang pasti menyukai kue Bingka ini, mungkin (kalo) ada yang tidak suka dengan Bingka Khas Kalimantan Selatan ini adalah orang yang belum pernah mencobanya. Suapan pertama pasti akan bertambah dengan suapan-suapan lainnya, sampai perut kenyang atau kue yang rasanya enak banget itu habis.

Kalo kalian ke Banjarmasin sedang tidak Bulan Ramadhan jangan khawatir, karena ada salah warung yang setiap hari menjual Kue Bingka, yaitu terletak di Jl. A. Yani Km. 14, 200 Gambut atau seberang Pasar Kindai Limpuar Gambut. Harga dari Bingka khas Kalimantan Selatan bervariasi, dari 15k sampai yang mahal banget 50k. Cukup murah kan?

Oh iya Majalah Pesiar Citymag adalah majalah yang juga banyak membahas wisata kalimantan selatan. Jadi kalo ke sini bisa baca majalahnya dulu dan jangan lupa harus merasakan nikmatnya bingka khas dari Kalimantan Selatan. 
Selamat berwisata dan berbahagia.






Previous
Next Post »
2 Komentar
avatar

Wah bingka ini wadai kesukaan banar, pas bulan puasa amun ada bingka di muka langsung ambil bedahulu tu pang hehe

Balas
avatar

Bujur,apalagi pas siang-siang :D

Balas